No Copy


No Right Click

Sunday, January 18, 2009

Cara Membuka Blok Yang Diprotek Di Siemens Simatic Step 7

Baru-baru ini, saya menerima telpon dari seorang teman. Dia mempunyai masalah di mesin packaging buatan Jerman. Kebetulan menggunakan PLC Siemen S7-300. Pada saat dia membuka program PLC Siemens Simatic S7, ada beberapa block penting yang diprotek. Karena tidak mungkin menunggu berhari-hari untuk menyelesaikan problem dimesin tersebut. Sementara seandainya memanggil orang bikin program dari Jerman. Woow.. lost time lost money. Simak tulisan saya dibawah in.

Bagaimana saya membuka blok yang diprotek?

Hal pertama yang saya akan dilakukan adalah mencari tentang software ini di Google dan membaca tentang software ini semuanya. Setelah itu mencoba eksplorasi perangkat lunak ini. Seseorang (mungkin S7 programmer) menjelaskan tentang 'Generate Source' dan saya ditunjukkan olehnya sebuah contoh yang tepat. Lebih lanjut dia tunjukan pada saya bagaimana cara kunci blok melalui KNOW_HOW_PROTECT. It was amazing, mereka hanya menulis baris ini (KNOW_HOW_PROTECT) di dalam sebuah program dan cara mengkompilasi kode. Dikompilasi kode yang dikenal sebagai blok. Blok yang telah dilindungi yang berarti kode di dalam blok tidak dapat terlihat oleh orang lain. Kemudian menghapus sumber dan blok sekarang yang diprotek. Bingung deh...

Setelah saya coba, berhasil. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuka proteksi blok programnya:

Step 1 : Download program *.dbf editor. Editor dbf yang saya gunakan. Untuk download silahkan klik berikut ini http://www.ks-soft.net/download/other/dbf_edit.zip atau dari Mr. PLC di http://forums.mrplc.com/index.php?s=e6d59e5a3589ec647fce45abc6acab04&act=Attach&type=post&id=895

Step 2: Setelah anda download file tsb. Extract file dbf_edit.exe dikomputer anda didrive mana saja dan buat folder DBFEDIT. Contohnya saja saya extract di C:\DBFEDIT\DBF_EDIT.exe.

Step 3: Untuk membuka proteksi blok tersebut (unlock), copy file SUBBLK.DBF dari folder ..\PROJECT\ombstx\offline\00000001\ dimana projek tersebut anda simpan.Kemudian paste di dalam folder C:\DBFEDIT\ (yang sebelumnya dibuat di Langkah 2).

Step 4:Kemudian jalankan Command Prompt(Dos Windows) dengan cara mengklik START -> Run -> Ketik Cmd -> Kemudian Enter atau di Start -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt

Step 5: Ikuti perintah berikutnya,

C:\>cd dbfedit
C:\DBFEDIT>dbf_edit.exe subblk.dbf

Sebuah aplikasi DOS akan membukan, cari kolom PASSWORD dengan menekan arah panah ke kanan pada keyboard. Dan ganti angka 3 menjadi 0 dengan menekan tombol ENTER dan masukan nilai 0 untuk membuka proteksi blok tersebut (unlock the block). Kemudian tekan Esc atau F10 untuk SAVE dan Exit. Lihat di print screen di bawah ini.

Step 6: Copy the SUBBLK.DBF yang tadi ada di dalam folder C:\DBFEDIT\ dan paste dimana file tersebut berada sebelumnya. Ingat lakukan backup file original SUBBLK.DBF.

Step 7: Sekarang buka file project di SIMATEC Step 7 software. Semua blok yang terproteksi kini sudah terbuka (All the blocks are unlocked).

Jadi sekarang berhasil. Lihat print screen sebelumnya (Lock) dan sesudahnya (Unlock).

Prinscreen diatas Semua di lock


Printscreen setelah unlock, hanya utk SFC tetep lock (soalnya itu std firmware dr siemensnya).

Untuk pertama kali saya memerlukan waktu kurang lebih 1 jam, tapi kalau sudah terbiasa 5 menit saja cukup.

SELAMAT MENCOBA :) :)

2 Comments:

Anonymous said...

hehehe...keren mas
ternyata banyak caranya
ada yang sampe pake command prompt
btw mas kerja dimana mas??

OTK said...

iya soalnya, kalo pake CANopen harus beli itu software kalau gak trial. Kalu DBF editor gratiss cuma under DOS doang. Sok inget-inget, coba siapa saya? suka pura-pura gak kenal... Saya kenal persis siapa mas Fathoni :)

#