No Copy


No Right Click

Friday, June 18, 2010

GPS + Smartcard Alat Pembayaran Tol di Korea Selatan

Loads of GPS devices in our carImage by mroach via Flickr
Wah ini bahasan kayanya menarik nih,… Selama pengalaman traveling di negara Korea Selatan ada beberapa alat yang dipasang di mobil sebagai alat navigasi bagi driver dan Smart Card untuk Tol.
Ini dia photonya sempat aku jepretttt….
1. GPS.
dsc04566_cmprs.JPG GPS singkatan dari Global Position Systems. Di negara-negara maju termasuk Korsel salah satunya GPS merupakan barang yang biasa anda jumpai di mobil-mobil pribadi atau taxi.
Check di sini untuk penjelasan detail mengenai GPS, Klik aja disini!
Fungsi sebagai alat navigasi bagi pengendara. Jika anda akan menuju suatu kota anda tinggal mencari kota tujuannya. Secara otomatis alat ini akan menuntun anda hingga ke tujuan. Hebatnya keakurasiaan GPS di korea ini bisa dibuktikan.
Ada satu pengalaman selama perjalanan, teman saya (driver yg baik, hehehe) gak tahu alamat teman yang akan di kunjunginya. Tetapi dia tahu no telp temannya itu. Dengan cepatnya dia menuju ke monitor GPS yang taouchscreen itu memasukan No. Telp rumah temannya itu… tak lama kemudian GPS tersebut langsung menunjukannya dan menuntun kita ke tempat tujuan.
dsc04565_cmprs.JPGSelama perjalanan panjang dari Icheon airport ke tempat tujuan kerjaku di kota kecil Geochang. Kita melalui jalan high way. Kira-kira setiap 3km atau 5km di jalan tol dipasang kamera control speed. Kamera tersebut berfungsi memantau kecepatan kendaraan yang melaju di jalan tol. Pengemudi mobil hendaknya tahu bahwa di jalan tol maximum kecepatan yang diperbolehkan 100km/jam. Tetapi kadang-kadang atau seringnya pengemudi melebihi batas kecepatan yang ditentukan.
Nah… dengan bantuan GPS secara langsung GPS akan memberi tahu bahwa 500m di depan kita ada kamera pemantau kecepatan. Jika kita melebihi batas kecepatan yang ditentukan GPS itu langsung memberi tahu dengan suara manusia…. ya bisa di ibaratkan ngomongnya gini “Mas-mas kurangi kecepatannya ada kamera di depan”…. hehehe… kira-kira begitu bunyi yang keluar dari GPS (red:.karena gue kagak ngarti bahasa korea… maklum). Jadinya si pengemudi aman deh.. gak kena sama pak Polisi, karena setiap melewati maksimum pasti GPSnya ngomong….
Hebatnya lagi GPS tersebut dilengkapi dengan TV, MP3 Player, Video Player (Multimedia). Trus suaranya bisa di sadap di radio FM mabil karena ada tunnernya. Pokoknya keren abis deh..
Trus.. untuk map yang ada di dalam GPS tersebut setiap hari ada update, untuk memperbaharui jika ada jalan atau gedung baru yang ada di seluruh korea selatan. Anda tinggal menuju situs provider di internet dan download deh….. Jadinya informasi yang ada di GPS jadi akurat dari hari ke hari…..
Boleh coba.
2. Smartcard untuk Tol
dsc04567_cmprs.JPGNah yang satu ini juga lumayan keren. Smartcard ini berfungsi sebagai alat pembayaran di tol. Jika kita melewati gerbang tol gak usah anti ngambil tiket dan bayar. Tapi secara otomatis uang yang ada didalam smartcard tersebut akan di debet. Kita sebagai pengemudi pada saat melewati gerbang tol ada satu display yang menunjukan berapa saldo yang ada di smartcard kita.
Prinsipnya sama dengan voucher HP. Kalau abis ya harus di isi ulang.
Dengan alat ini kemacetan bisa di hindari. Pemanfaatan teknologi canggih saat ini di negara-negara yang bisa dikatakan maju sudah menjadi barang yang biasa.
Kapan di Indonesia teknologi ini mulai diterapkan ya?
Enhanced by Zemanta

0 Comments:

#