No Copy


No Right Click

Saturday, November 12, 2016

Siemens TIA Portal

Divisi Industri Otomatisasi dari Siemens saat ini memperkenalkan Totally Integrated Automation Portal (TIA Portal) – software otomatisasi pertama dengan Engineering Environment dan Software project terpadu. Software ini memudahkan para penggunanya untuk melakukan pengembangan dan komisioning terhadap sistem otomatisasi secara cepat dan intuitif, yang memberikan efisiensi lebih terhadap waktu dan biaya yang diakibatkan oleh adanya berbagai macam software dalam melakukan integrasi. Didesain sedemikian rupa untuk efisiensi tinggi dan penggunaan yang mudah, TIA Portal telah disesuaikan untuk para pemula dan professional. Untuk selanjutnya TIA Portal ini merupakan dasar utama dari semua paket software engineering di kemudian hari untuk konfigurasi, pemrograman dan komisioning produk perangkat otomatisasi yang ada dalam portofolio produk Totally Integrated Automation dari Siemens. Sebagai contoh adalah New Simatic Step 7 V11 automation software untuk Simatic PLC dan Simatic WinCC V11 untuk Simatic HMI (Human machine Interface) dan aplikasi visualisasi.
Desain dari TIA Portal ini, Siemens telah mempelajari banyak aplikasi software engineering yang ada beberapa tahun ini serta mengamati dan melakukan evaluasi terhadap kebutuhan para penggunanya di seluruh dunia. Sebagai komponen dari perangkat engineering software Siemens, TIA Portal memberikan shared services yang lebih maju antar configuration interfaces yang menjamin keseragaman navigasi kepada para penggunanya serta sistem yang konsisten. Sebagai contoh, semua perangkat dan jaringan di dalam system automasi sekarang ini dapat dikonfigurasikan melalui satu perangkat dan editor jaringan. Project navigation, library concepts, data management, project storage, diagnostics dan online function merupakan layanan standard yang tersedia untuk para pengguna TIA Portal ini. Software development environment gabungan ini menawarkan tingkat efisiensi yang tinggi di seluruh project automation yang di dalamnya terdapat programmable controllers, HMI devices dan Drives. Sebagai tambahan, semua data management untuk parameter-parameter pada controller, block-block, tag-tag atau messages ini hanya memerlukan sekali input – sangat menghemat waktu dan biaya software engineering dari project itu sendiri. TIA Portal ini didesain berdasarkan advanced object-oriented software architecture serta data management yg terpusat, yang memberikan konsistensi data yang berkesinambungan secara otomatis untuk menghindari error pada data entry. Para pengguna dapat dengan mudah menemukan data yang diinginkan dan program blocks dari seluruh automation project menggunakan project-wide cross-reference system, yang dapat mengurangi waktu troubleshooting dan debugging program program project yang ada.
Aplikasi terpadu yang baru ini memungkinkan semua Programmable Controller Siemens, HMI operator panel dan drives dikonfigurasikan melalui satu environment development yang sama. Kelebihan ini dapat menurunkan biaya interfacing serta konfigurasi pada layanan-layanan yang biasa dilakukan ketika pengaturan komunikasi antar controllers, drives dan HMI devices. Sebagai contoh, pengguna hanya perlu melakukan drags and drops sebuah tag yang ada di dalam PLC, seperti sinyal dari modul I/O ke dalam tampilan HMI. Tag tersebut secara otomatis terbentuk di dalam HMI dan koneksi antara controller dengan HMI akan ter-create secara otomatis tanpa diperlukan konfigurasi manual.
Engineering software Simatic Step 7 V11 pada TIA Portal, dapat mendukung PLC Siemens seperti Simatic S7-1200 controllers, Simatic S7-300 dan Simatic S7 400 controllers serta PC-based automation system Simatic WinAC. Dengan cakupan programmable controllers yang luas memungkinkan Simatic S7 V11 untuk memenuhi tuntutan kinerja dan kemampuan yang menyeluruh dari sebuah software engineering untuk automation system. Kelebihannya adalah pemindahan konfigurasi yang ada di dalam Simatic Controllers dan HMI devices ke dalam project software baru hanya memerlukan waktu yang cukup singkat sehingga dapat menghemat waktu dan biaya untuk proses migrasi.
Simatic WinCC V11 yang baru ini juga berpatokan pada TIA Portal yang termasuk di antaranya konfigurasi machine-level application yg menggunakan HMI operator panels yang mendukung model panel Simatic TP dan MP, Simatic HMI Comfort Panel dan PC-based SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) process visualization system. Konfigurasi dan commissioning untuk Sinamics inverter drive nantinya juga akan dikembangkan di dalam TIA portal ini. (kpl/sie/roc)

0 Comments:

#