No Copy


No Right Click

Tuesday, July 23, 2013

Pengertian Kartu ATM dan Kartu Debit ( Cirrus dan Maestro Logo )

Sedikit keluar dari jalur bahasan PLC dan SCADA. Tapi ini informasi penting juga buat kita karena saya yakin kita punya Kartu ATM semua. Contohnya seperti di belakang Kartu ATM/Debit BCA. ada log Cirrus atau Maestro. Tahukan artinya?

Bagi kamu yang sudah mempunyai tabungan di bank entah itu bank milik pemerintah atau milik swasta tentunya kenal dengan kartu ATM, karena pada saat pertama kali membuka tabungan atau membuka rekening di suatu bank akan dijelaskan oleh bagian Customer Service nya mengenai produk dan layanan yang disediakan oleh bank tersebut, dan salah satunya adalah ATM. Tapi terkadang Customer Service tidak menjelaskan secara rinci apa itu ATM, calon nasabah pun kadang juga malu jika bertanya lebih detail apa itu ATM. Bagi kamu yang ingin tahu lebih rinci mengenai kartu ATM, dibawah ini akan dijelaskan secara rinci apa itu pengertian ATM.
Pengertian ATM. ATM dalam bahasa inggris dikenal dengan Automatic teller machine, atau dalam bahasa Indonsia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merukan alat elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM

Lalu apa beda kartu ATM dengan kartu Debit. yang membedakan adalah cara penggunannya. Jika digunakan untuk bertransksi di mesin ATM, maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu ATM, tapi jika digunakan untuk bertransaksi pembayaran dan pembelanjaan non-tunai dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture), maka kartu tersebut dikenal sebagai Kartu Debit.
Untuk kartu Debit selain otorisasi dengan PIN, dimungkinkan pula otorisasi dengan tanda tangan seperti halnya Kartu Kredit. Batas (limit) transaksi Kartu Debit dan Kartu ATM tergantung dari jenis kartu yang anda miliki. Umumnya terdiri dari limit jumlah dan frekuensi transaksi, baik untuk penarikan tunai, belanja, transfer.
Kegunaan KArtu ATM
Kartu Debit dan Kartu ATM berguna sebagai alat bantu untuk melakukan transaksi dan memperoleh informasi perbankan secara elektronis.
Jenis transaksi yang tersedia antara lain:
1. Penarikan tunai
2. Setoran tunai
3. Transfer dana
4. Pembayaran
5. Pembelanjaan
Jenis informasi yang tersedia antara lain:
* Informasi saldo
* Informasi kurs

Seiring dengan kemajuan teknologi, jenis transaksi dan informasi yang tersedia akan terus bertambah.
Keuntungan menggunakan kartu ATM
* Mudah. Tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi atau memperoleh informasi.
* Aman. Tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan transaksi belanja di took.
* Fleksibel. Transaksi penarikan tunai/pembelanjaan via ATM/EDC dapat dilakukan dijaringan bank sendiri, jaringan lokal dan internasional.
* Leluasa. Dapat bertransaksi setia saat meskipun hari libur.
Makna logo pada kartu Debit dan Kartu ATM
Logo yang tertera pada kartu menunjukkan bahwa kartu tersebut memiliki akses di jaringan yang tertera logo yang sama. Jaringan tersebut adalah:
Jaringan lokal : Link, ALTO, ATM Bersama, PRIMA.
Jaringan internasional : CIRRUS, MAESTRO, Mastercard Electronic, VISA Plus, VISA Electron.
Biaya
Umumnya bank akan mengenakan biaya untuk penggunaan kartu, antara lain biaya administrasi bulanan dan biaya transaksi, khususnya transaksi yang menggunakan jaringan lain.
Biaya transaksi via jaringan yang dikenakan oleh bank penerbit aka berbeda untuk transaksi yang dilakukan di jaringan lokal dan jaringan internasional.
Hal-hal yang perlu diperhatikan
1. Apabila kartu hilang atau rusak, segera lapor ke call center bank penerbit.
2. Pastikan kartu selalu di bawah pengawasan, karena sifatnya sama seperti dompet pribadi/uang tunai.
3. Pastikan kartu tidak dipindahtangankan/dipinjamkan ke orang lain.
4. Jangan meletakkan kartu di dekat benda yang mengeluarkan elektromagnetik atau diatas benda panas.
5. Jangan menginformasikan PIN kepada orang lain karena bersifat pribadi dan rahasia.
6. Kesalahan memasukkan PIN secara berulang akan mengakibatkan kartu ditelan mesin ATM atau terblokir.
7. Tanyakan kepada bank Anda mengenai biaya-biaya dan batas (limit) transaksi.
8. Simpan slip transaksi sampai Anda memastikan transaksi tersebut tidak bermasalah.
itulah penjelasan mengenai kartu ATM, semoga mudah untuk dipahami dan bisa bermanfaat untuk kebaikan kita bersama.

referensi : id.wikipedia.org, blog.unila.ac.id

Tanya: Di kartu ATM BCA ada logo Maestro dan Cirrus. Apakah kartu ATM BCA bisa juga dipakai di tempat-tempat berlogo Maestro dan Cirrus yang ada di Indonesia? Abdul Madjid, Cipete 

 Jawab: Betul pak, dengan adanya logo Maestro pada kartu Paspor BCA Bapak, memungkinkan Bapak untuk berbelanja di tempat-tempat berlogo Maestro baik di dalam maupun di luar negeri. Jika Bapak berbelanja dan membayar dengan kartu Paspor BCA di tempat berlogo Maestro maka jumlah nominal belanjaan Bapak akan langsung didebet ke rekening Bapak, sama seperti jika Bapak berbelanja dengan menggunakan Debit BCA di toko-toko berlogo Debit BCA di Indonesia. Dan dengan adanya logo Cirrus pada kartu Paspor BCA, maka Cirrus, baik di Indonesia ataupun di luar negeri dengan dikenakan biaya Rp. 20.000,- untuk penarikan tunai dan Rp. 5.000,- untuk cek saldo. Logo Maestro Cirrus hanya terdapat pada kartu Paspor BCA, sedangkan pada kartu BCA Cash yaitu kartu ATM BCA seri lama tidak terdapat logo tersebut, untuk itu bagi segenap nasabah yang berkeinginan untuk menikmati kenyamanan ini dipersilahkan mengganti kartu BCA Cash dengan menghubungi cabang tempat nasabah membuka rekening untuk mengajukan penggantian ke kartu Paspor BCA. Selamat mencoba. 





(Stephen Liestyo/)  


Sumber: http://finance.detik.com 

Nah jadi nanti kalau nanti mau jalan-jalan ke luar negeri, contohnya Singapore atau Perancis sekalipun. Tidak usah khawatir. Yang penting tabungan kita ada duitnya. Kita bisa ngambil uang di ATM yang ada logonya sama dengan di kartu ATM kita.

Semoga Bermanfaat.

0 Comments:

#