Cara Mudah Mengkonfigurasi Inverter

Tahukah anda, apa itu inverter?

Inverter merupakan alat/komponen untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik/servo. Atau bisa disebut converter, drive. Cuma kalau untuk servo lebih dikenal dengan istilah servo drive. Dengan menggunakan inverter motor listrik menjadi variable speed. Kecepatannya bisa diubah-ubah atau disetting sesuai dengan kebutuhan.

Didunia otomatisasi industri, inverter sangat banyak digunakan. Aplikasi ini biasanya terpasang untuk proses linear (parameter yang bisa diubah-ubah). Linear ya seperti grafik sinus. atau untuk sistem axis (servo) yang membutuhkan putaran/aplikasi yang presisi.

Mungkin kita kenal dari semua vendor automasi industri pasti membuat inverter juga. Contohnya saja Allen Bradley, Siemens, Hitachi, Panasonic, Omron, Mitsubishi, Danfoss dan masih banyak lagi merek-merek lain. Dari masing-masing brand tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Anda pasti tahu didalam inveterter kita harus mensetting parameter yang disesuaikan dengan komponen yang akan di kontrol via inveter tersebut. Contohnya: Tegangan Motor Listrik, Ampere, Frekwensi, High Speed, Torsi, dll. Dengan cara yang manual menggunakan display hal tersebut bisa dilakukan dengan mengikuti manual book yang dikeluarkan oleh vendor inveter tersebut.

Protokol komunikasi yang diimplementasikan oleh setiap inveter berbeda-beda. Ada yang menggunakan Analog output PLC, Profibus, Device NET, Sysmac (Omron), USS, Controlnet dll.

Nah disini, saya memperkenalkan software MCT-10 (VLT Motion Control Tool) yang dikeluarkan oleh DANFOSS. Dengan menggunakan software ini dan kabel serial (COM1) yang dihubungkan antara PC dan Inventer, process configurasi menjadi sangat mudah. Kita hanya menggunakan sebuah kabel interface DB9/RS232 dari PC ke inverter. Selain mudah dalam penggunaannya, dalam operation dilapangan jika mempunyai jenis inveter yang sama dengan aplikasi beban yang sama, kita bisa langsung mendownload file configurasi ini dari satu inverter ke inverter yang lainnya. Lebih mudah kan?.... mijit-mijit tombol inverterpun sudah tidak perlu lagi.

Ingin tahu lebih banyak mengenai software ini, silahkan Klik Disini untuk DOWNLOAD! Jika anda ingin mendowload softwarenya silahkan Cek Disini! Gratiss ko...

Dibawah ini contoh display dari software MCT-10 tersebut.




Jika anda menggunakan inveter Omron, mungkin anda tahu sofware CX-Drive.

Kita bahas di lain waktu... Bersambung...

Popular posts from this blog

Pengertian Kartu ATM dan Kartu Debit ( Cirrus dan Maestro Logo )

Free OPC Software