Membuat PLC Network Dengan UTP RJ45

Dalam membuat PLC Network dengan protocol TCP/IP hendaknya anda memahami dan mengerti cara membuat koneksi kabel pada socket UTP RJ45. Silahkan baca artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Pengkabelan di jaringan komputer atau PLC tidak sesederhana tapi tidaklah serumit yang kita bayangakan, tapi saya sendiri sering harus kesulitan mengingat urutan warna kabel UTP RJ45. Mungkin, catatan saya ini cukup membantu pembaca untuk mengingat perangkat yang disediakan, mulai dari kabel, conector, crimp tool, dan tester.

Untuk membuat kabel jaringan UTP RJ45 antara lain :


Crimping Tool yang dipasaran tersedia jenis tunggal atau doubel, untuk jenis tunggal hanya untuk kabel RJ45 sedangkan yang double untuk kabel RJ45 dan RJ11. Alat ini dijual dengan kisaran harga 40 ribu sampai 750 ribu rupiah, yang pasti harga juga menentukan kualitas.


Cable Tester dipergunakan untuk melakukan pengetesan setelah kabel rj 45 dipasang konektor, sehingga kita tidak mengalami kesulitan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan pada saat pemasangan konektor. Perangkat tester ini dipasaran dijual dengan harga kisaran 60 ribu hingga 200 ribu.


Cable UTP Cat 5e merupakan kabel yang terdiri 8 pair dan tersedia dalam berbagai merk (Belden, AMP Cable, Panduit dll), kabel ini dipakai untuk jaringan komputer indoor. Sehingga tidak direkomendasikan untuk instalasi outdoor, dan panjang maksimal untuk point to point pada kisaran 100 meter. Harga dipasaran kabel UTP RJ45 ini dijual antara 450 ribu hingga 950 ribu per rol dengan panjang per rol sekitar 330 meter.


Connector RJ45 alat terpenting setelah kabel dalam membuat kabel jaringan komputer. Secara fisik konektor ini sangat kecil tapi memiliki tingkat kesulitan dalam pemasangannya. Bila salah memasang kabel dalam konektor, secara otomatis konektor itu harus dibuang karena sudah tidak dapat dipergunakan kembali. Connector RJ45 dijual dengan kisaran 90 ribu sampai 200 ribu per 50 biji.

Setelah anda mengetahui peralatan yang dibutuhkan dalam membuat kabel jaringan komputer, kini waktunya anda mencobanya :

Langkah Pertama : tentukan terlebih dahulu jenis konfigurasi kabel yang terlebih dahulu. Cross Cable atau Straight Cable atau Rollover Cable.

Langkah Kedua : Perhatikan urutan kabel seperti yang ada pada gambar ini…..

Popular posts from this blog

Pengertian Kartu ATM dan Kartu Debit ( Cirrus dan Maestro Logo )

Free OPC Software

Simatic ET 200SP CPU / ET 200SP Open Controller